Rahasia Ilmu Kentut Wangi

Rahasia ilmu kentut wangi konon adalah sebagian rahasia jalan suci. Tidak semua orang sakti bisa mendapatkan karomah ini, apalagi sekadar orang yang mengaku-ngaku suci.

Bambang Gentolet sebagai seorang calon bupati yang ingin menang di pilkada tahun ini ingin mencari lambaran bagi dirinya. sudah menjadi kali ini ingin ngangsu kawruh mendapatkan karomah kentut wangi. Gurunya, Syekh Kirdun, adalah seorang manusia yang mempunyai karomah kentut wangi ini. Bambang bertekad ia harus bisa mendapatkan karomah ini. Masalahnya juga adalah ia sering ngentutan ketika duduk lama atau ketika gugup. Dan ini semua tak bisa ia hindari kalau berniat untuk mencalonkan diri menjadi bupati kota Bulak Adem ini.

Bambang sendiri sebagai cabub sudah menguasai sebagian ilmu kanuragan. Dari ilmu kebal senjata tajam, ilmu lebu sekilan, dan dasar-dasar ilmu hipnotis, dan ilmu semar mesem. Tujuannya agar ia ketika bicara di depan orang banyak, atau ketika bicara dengan masyarakat, ia lebih percaya diri dan perkataannya bisa diterima oleh masyarakat. Singkatnya, semua ilmu untuk lambaran menjadi seorang calon bupati ia sudah miliki. Bahkan, ia yang getol belajar ilmu ini sejak ia remaja semua ini bisa ia ditempuh dengan mudah. Tetapi, ilmu kentut wangi adalah puncak dari ilmu segala ilmu. Di pulau jawa ini hanya Syekh Kirdun yang mendapatkannya. Jadi, bayangkan, satu pulau hanya satu manusia saja yang mempunyai karomah kentut wangi.

Syekh Kirdun sendiri, tentu juga bukan manusia biasa. Dari namanya saja, tidak semua orang biasa mampu menyandang nama seperti itu: Kirdun atau monyet. Kalau mau digamblangkan orang akan menyebutkan Syekh monyet. Tetapi, begitulah Syekh Kirdun tak pernah berkeberatan dipanggil Syekh Kirdun alias Syekh monyet.

Aslinya Syekh Kirdun ini adalah seorang dokter. Ia tentu punya penjelasan mekanis tentang kentut itu dari sudut pandang fisika. Ya, sebenarnya kentut adalah gas dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara yg kita telan, gas yang menerobos ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia dan gas dari bakteri dalam perut. Komposisi kentut bervariasi. Makin banyak udara kita telan, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut (oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus). Adanya bakteri serta reaksi kimia antara asam perut dan cairan usus menghasilkan karbondioksida. Bakteri juga menghasilkan metana & hidrogen.

Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang kita makan, berapa banyak udara tertelan, jenis bakteri dalam usus, berapa lama kita menahan kentut. Makin lama menahan kentut, makin besar proporsi nitrogen, karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang yang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentut lebih banyak karena tubuhnya tidak sempat mengabsorbsi oksigen.

Bau kentut karena kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan, makin banyak sulfida dan merkaptan diproduksi oleh bakteri dalam perut dan makin busuklah kentut anda. Telur dan daging punya peran besar dalam memproduksi bau busuk kentut. Kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut, bukan dalam kebusukannya.

Mengenai bunyi kentut itu karena adanya vibrasi lubang anus saat kentut diproduksi. Kerasnya bunyi tergantung pada kecepatan gas dan sempitnya lubang anus. Tetapi, adakalanya kentut yang busuk itu hangat dan tidak bersuara?

Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi bakteri dan proses pencernaan memproduksi panas, hasil sampingnya adalah gas busuk. Ukuran gelembung gas lebih kecil, hangat dan jenuh dengan produk metabolisme bakteri yang berbau busuk. Ini kemudian menjadi kentut, walau hanya kecil volumenya.

Sebab mengapa kentut keluar melalui lubang dubur karena density-nya lebih ringan. Gerak peristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah. Tekanan di sekitar anus lebih rendah. Gerak peristaltik usus menjadikan ruang menjadi bertekanan, sehingga memaksa isi usus, termasuk gasnya untuk bergerak ke kawasan yang bertekanan lebih rendah, yaitu sekitar anus. Dalam perjalanan ke arah anus, gelembung-gelembung kecil bergabung jadi gelembung besar. Kalau tidak ada gerak peristaltik, gelembung gas akan menerobos ke atas lagi, tapi tidak terlalu jauh, karena bentuk usus yang rumit dan berbelit-belit.

Waktu yang diperlukan oleh kentut untuk melakukan perjalanan ke hidung orang lain?

Tergantung kondisi udara, seperti kelembaban, suhu, kecepatan dan arah angin, berat molekul gas kentut, jarak antara ‘transmitter’ dengan ‘receiver’. Begitu meninggalkan sumbernya, gas kentut menyebar dan konsentrasinya berkurang. Kalau kentut tidak terdeteksi dalam beberapa detik, berarti mengalami pengenceran di udara dan hilang ditelan udara selama-lamanya. Kecuali kalau kita kentut di ruang sempit, seperti lift, mobil, konsentrasinya lebih banyak, sehingga baunya akan tinggal dalam waktu lama sampai akhirnya diserap dinding. Tak ada pengaruh bau ini jika ‘receiver’ lagi pilek.

Bambang sowan akhirnya ke Syekh Kirdun ini. Ia mengutarakan segala keinginannya, dan tentu saja Syekh Kirdun menerima keluhan dari pasiennya ini.

“Jadi amalan apa Kyai yang harus saya lakukan. Apapun, insya Alloh, saya bisa melakoni. Saya juga sudah punya lambaran ilmu yang lainnya. Seperti yang sudah saya ceritakan tadi. Apapun akan saya lakukan, yang penting selama jadi bupati nanti saya tidak ngentutan. Saya yakin begini karena memang angka-angka itu sudah ada pada saya.”

Syekh Kirdun tersenyum saja.

“Sebenarnya saya tidak ada amalan.”

“Ah, jangan bercanda Kyai. Saya akan lakukan apa saja. Berani bayar apa saja.”

“Tidak, tidak. Saya tidak bercanda. Aslinya seperti ini kok.”

Syekh Kirdun menunjukkan sebuah barang. Mirip pembalut wanita. Tapi ini lebih kecil. Ya, Syekh Kirdun berhasil menemukan sebuah cara untuk membuat kentutnya wangi. Dia menciptakan sebuah alat yang sistemnya seperti saringnan udara dan bentuknya seperti teh sari wangi yang osmosis system itu. Di tengahnya ia menaruh sebuah pasta strawberry yang berbentuk serbuk jadi kering.

Mekanismenya saat kentut yang mengandung beberapa gas tadi akan mengikat aroma dari pasta yang dioleskan dalam alat tadi. Jadi gas–gas yang radical tadi akan mengikat elektron bebas yang ada dalam pasta. Cara pasangnya sama kalau memakai pembalut, jadi dipasang di lubang anus kemudian dipasang plester agar tidak melesat kemana–mana.

“Jadi ini cuman perkara alat begini.”

“Ya, saya ini dulu menempuh sekolah kedokteran. Tetapi tidak selesai. Dan jangan salah, alat ini bergaransi kok.”

“Apa garansinya?”

“Uang kembali. Adil kan?”

“Jadi berapa harganya?”

“100 ribu kalau mau dipasangkan sekalian.”

“Saya bayar 100 ribu. Tapi, akan saya pasang sendiri. Dan kalau tidak berhasil di saya, tak perlu uang itu diganti. Ternyata salah datang ke sini. Buang-buang waktu saja datang ke Kyai gadungan.”

Bambang Gentolet ngeloyor pergi dari tempat itu. Syekh Kirdun tertawa-tawa saja. Sambil geleng-geleng kepala, ia mengambil uang di atas meja pemberian dari pasiennya yang baru pergi barusan dan marah-marah itu. Uang itu ia masukkan ke dalam sebuah kotak kaca di mana ada uang-uang sumbangan lainnya untuk pembangunan jalan kampung.

Syekh Kirdun tak pernah menerima uang  dari para pasiennya untuk kepentingannya sendiri. Ia selama ini hanya berjualan obat herbal saja. Dan mengenai kentutnya yang wangi, ia pernah berujar kepada seorang pasiennya. “Anda tahu bahwa para nabi itu kentutnya wangi? Mengapa bisa begitu, karena perut mereka berisi tiga hal: makanan, udara, dan air. Dan kebajikan-kebajikan yang ikhlas dalam hidup mereka telah menyempurnakan ketiga hal tersebut menjadi maslahat bahkan kentutnya.”

“Terus intinya bagaimana caranya Kyai.”

“Ya, Anda tiru saja hidup orang-orang shalih itu. Insya Alloh kentut Anda akan wangi.”

Begitulah rahasia kentut wangi Syekh Kirdun. Sebagian orang percaya, sebagian menganggap kisah dan nasihatnya dusta.

 

 

gambar dari pixabay

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *